7 Ciri Kanker Tenggorokan Paling Sering Muncul

Kanker tenggorokan merupakan salah satu kanker yang sangat berbahaya bagi manusia yang biasanya muncul pada mulut, faring, laring, dan juga mukosa. Di indonesia, kanker ini menjadi penyakit nomor empat yang paling banyak menyerang manusia. Penyebab dari kanker ini adalah virus hpv yang menular melalui oral seks, dan biasanya virus ini berada di belakang lidah atau di sekitar amandel.

Selain virus hpv ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan timbulnya kanker tenggorokan ini, diantaranya seperti sering merokok, sering mengkonsumsi minuman yang beralkohol, serta sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang masih panas.penyakit ini akan menjadi sangat berbahaya ketika sudah menjadi ganas, maka dari itu anda harus mengenali ciri kanker tenggorokan yang sering muncul pada para penderita kanker tenggorokan agar kanker ini dapat dideteksi secara dini. Beberapa ciri kanker tenggorokan diantaranya adalah:

ciri kanker tenggorokan
  1. Jika anda sering merasa sakit di telinga saat menelan berbagai jenis makanan, segera periksakan kondisi anda. Karena ada kemungkinan terdapat tumor di tenggorokan anda dan juga menjadi pertanda timbulnya kanker tenggorokan.
  2. Hati – hati jika suara anda serak dan tidak kunjung berhenti selama dua minggu atau lebih. Bisa jadi itu merupakan salah satu pertanda timbulnya gejala kanker tenggorokan.
  3. Munculnya masalah pada telinga anda, misalnya seperti berdengung, pendengaran berkurang, telinga seperti kemasukan air, dan nyeri pada telinga.
  4. Selain pada pendengaran, penglihatan juga mengalami masalah. Diantaranya seperti bayangan penglihatan terasa menjadi dua dan bahkan bisa menjadi buta.
  5. Hidung menjadi pilek yang berkepanjangan dan juga banyak serta berbau dan disertai dengan hidung yang terasa buntu.
  6. Kulit di daerah hidung dan pipi kurang sensitif terhadap sentuhan.
  7. Timbulnya benjolan pada leher. Hal ini bisa disebabkan kanker telah menyebar pada kelenjar di sekitar leher.
Itu tadi beberapa ciri kanker tenggorokan yang sering muncul. Segeralah periksakan kondisi anda ke dokter agar jika ciri – ciri di atas terjadi pada anda. Sehingga jika terdapat kanker pada tubuh anda, maka dapat ditangani dengan segera. Selain itu jagalah pola hidup yang sehat, agar tubuh anda dapat terhindar dari timbulnya kanker dan penyakit berbahaya lainnya.