Awas!!! Inilah Gejala Kanker Hidung yang Anda Hiraukan Selama Ini

Kanker hidung merupakan jenis penyakit kanker berbahaya yang menyerang rongga hidung (nasofaring) yakni bagian dari faring yang mengarah ke hidung. Nasofaring sendiri merupakan bagian dari faring atau tekak yakni saluran yang terletak di antara rongga hidung, rongga mulut, dan rongga tenggorokan.

Kanker jenis ini memang tidak terlihat secara kasat mata namun akan terlihat jelas saat kanker ini sudah melalui stadium lanjut. Kanker ini sering diderita oleh orang laki-laki daripada perempuan. Penyakit kanker ini umumnya menyerang di negara asia tenggara. Untuk penyebabnya sendiri belum diketahui pasti.

Namun menurut para dokter yang sudah melakukan penelitia, kanker hidung ini disebabkan oleh virus Epstein Barr. Virus Epstein Bar akan menyerang di orofaring, nosofaring sampai kelenjar ludah. Untuk itu supaya anda lebih paham mengenai kanker hidung ini, alangkah baiknya jika anda mengenali gejala kanker hidung yang akan dijelaskan berikut ini. Berikut penjelasannya, simak baik-baik dan perhatikan.

gejala kanker hidung
  1. Gejala pada hidung ditandai dengan adanya munculnya sumbatan karena tuomor di nasofaring, gangguan penciuman terganggu adanya ingus yang kental dan berbau, terjadinya mimisan yang terus menerus dan terdapat garis darah yang halus., menderita pilek yang sangat lama hingga satu bulan. Gejala tersebut merupakan gejala yang memicu kanker hidung.
  2. Gejala pada telinga, adanya gangguan atau penurunan fungsi pada pendengaran seperti sulit mendengar atau merasa berdengung pada telinga sebelah, telinga terasa sakit.
  3. Gejala pada kelenjar leher, adanya pembesaran kelenjar keher pada salah satu sisi. Gejala tersebut pertanda bahwa kanker sudah menyebar.
  4. Gejala berat atau tahap lanjut, gejala kanker hidung ini merupakan gejala yang lebih parah terutama di indera penglihatan seperti kelumpuhan otot kelopak mata, mata bisa menjadi juling, penglihatan menjadi ganda, bila menyebar ke daerah mulut penderita akan susah menelan makanan dan bersuara. Gejala tersebut menjadikan kondisi fisik seseorang menjadi menurun atau drop.
  5. Gejala yang sangat berat yakni menyerang ke seluruh tubuh dan organ-organ vital seperti tulang, pembuluh darah, hati (liver), paru-paru, dan jantung. Organ yang sudah terkena kanker tersebut akan mengalami kerusakan pada fungsinya. Hal tersebut akan sulit disembuhkan dan terlebih bisa menyebabkan kematian.
Demikian penjelasan gejala kanker hidung yang sudah dijelaskan secara lengkap di atas, semoa bermanfaat bagi kesehatan anda semua dan di dunia kedokteran khususnya. Namun untuk menghindari gejala kanker hidung tersebut alangkah baiknya jika anda menghindari makanan yang mengandung bahan pengawet dan perbanyak makan sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang mencegah datangnya sel kanker ganas.